Hal yang Perlu Diketahui Tentang Reservasi Tiket Kereta Api

Kereta api sampai saat ini masih menjadi pilihan angkutan yang paling banyak diminati untuk keperluan perjalanan jarak jauh. Alat transportasi cepat bebas hambatan di atas rel ini memang memberikan pengalaman perjalanan yang bebas macet dan nyaman dengan biaya yang cukup terjangkau bagi masyarakat. Untuk itu, tidak heran jika keunggulan ini membuat banyak orang kini lebih mengandalkan kereta api, khususnya untuk keperluan mudik saat liburan atau Lebaran.

Selain itu, pemesanan tiket kereta api saat ini juga sudah dapat dilakukan secara online. Bahkan, pemesanan ini semakin efektif jika Anda mengetahui beberapa rahasianya. Apakah itu?

Reservasi Dimulai Sejak H-90

PT KAI biasanya sudah mulai menjual tiket kereta api online untuk umum sejak H-90 waktu keberangkatan. Hal ini tidak hanya berlaku di loket dan situs resmi KAI tetapi juga di seluruh jaringan penjualan tiket kereta api yang menjalin kerja sama dengan PT KAI. Dengan ketersediaan tiket kereta sejak 3 bulan sebelum hari keberangkatan, Anda tentu dapat memesan tiket sejak jauh – jauh hari dan memiliki persiapan waktu yang lebih panjang.

Perhitungan Waktu Memesan Tiket

Penjualan pertama tiket kereta biasanya mulai dibuka untuk umum pada pukul 00.00 WIB setiap hari. Ini menjadi waktu puncak bagi ratusan bahkan ribuan calon pembeli untuk berebut pesan tiket kereta. Bahkan perebutan ini akan lebih ketat saat penjualan tiket mudik Lebaran. Untuk itu, kemungkinan untuk memperoleh tiket menjadi lebih kecil.

 

Jika Anda belum berhasil mendapatkan tiket pada percobaan pertama, sebaiknya tunggu 1 – 3 jam dan mencobanya lagi. Alasannya, setelah 1 -3 jam lalu lintas data di situs tiket kereta sudah tidak terlalu padat seperti saat pertama rilis. Yang perlu dicatat, PT KAI menyediakan batas waktu hingga 3 jam bagi para calon pembeli untuk membayar tiket yang dipesan..

 

Dalam rentang waktu tersebut, kadang ada beberapa calon pembeli yang gagal melakukan pembayaran. Biasanya tiket yang belum terbayar akan tersedia lagi untuk dibeli oleh orang lain di rentang waktu tersebut. Jadi ketika Anda gagal memperoleh tiket pada pukul 00.00, maka coba lagi sekitar pukul 03.00 WIB.

Gunakan Metode Pembayaran yang Mudah

Pemesanan tiket kereta api dengan sistem online memberikan kemudahan bagi para pengguna karena menawarkan beberapa metode pembayaran. Selain via transfer bank, pilihan metode pembayaran yang tersedia untuk memesan tiket kereta api adalah melalui ATM, debit, mobile banking, kartu kredit, e-banking, dan merchant rekanan seperti gerai supermarket dan minimarket. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia fitur dompet online. Dari berbagai pilihan cara tersebut, pilih metode yang paling mudah untuk Anda. Jadi tiket dapat cepat sampai di tangan tanpa mengalami masalah.

Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan koneksi internet yang digunakan untuk cara pesan tiket kereta api dalam keadaan stabil. Hal ini penting untuk memastikan Anda dapat melewati proses pemesanan dengan lancar dan cepat. Ingat, saat memesan tiket, Anda akan beradu cepat dengan calon pembeli lainnya. Selain itu, ada beberapa data penumpang yang harus diisi dengan benar dan lengkap. Jika koneksi internet tidak stabil, mungkin saja Anda gagal membeli tiket karena akses internet bisa saja tiba-tiba putus ketika Anda memasuki tahap validasi data penumpang atau sebelum melakukan pembayaran.

Membeli Dari Situs Selain KAI

Untuk pesan tiket kereta api online, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan situs lain selain dari situs resmi KAI yang sudah pasti sibuk saat pemesanan tiket berlangsung.  Anda dapat memanfaatkan situs agen travel online yang saat ini sudah menyediakan beragam fitur menarik untuk memudahkan proses pemesanan tiket.

 

Beberapa situs pemesanan tiket juga menyediakan beragam metode pembayaran seperti dompet online yang dapat diisi dengan deposit dengan nominal tertentu. Nantinya saldo tersebut dapat digunakan untuk membayar tiket. Jikaa Anda pengguna kartu kredit, Anda juga dapat memanfaatkan kartu tersebut untuk membayar tiket. Jadi Anda tidak perlu repot – repot pergi ke ATM atau ke bank untuk melakukan pembayaran.

Pahami Jenis Kelas Tiket Kereta

PT KAI secara resmi sudah memiliki 5 kelas kereta api sejak Juni 2018 kemarin. Setiap kelas ditawarkan dengan harga yang berbeda dengan kelebihan masing – masing. Sebelum Anda membeli tiket, alangkah baiknya jika Anda mengenali lebih dulu jenis-jenis kelas kereta api yang tersedia di Indonesia

 

Kelas Ekonomi

Ini adalah kelas kereta api dengan harga tiket paling murah. Selain harga tiket kereta api ekonomi yang murah, kapasitas penumpang di dalam satu gerbongnya juga cukup banyak yaakni 106 penumpang. Bangku atau kursi penumpang di dalam gerbong berbentuk tegak dan busanya cukup tipis sehingga kurang nyaman untuk perjalanan yang jauh, Meskipun demikian, kelas ekonomi menawarkan tujuan stasiun yang paling lengkap karena berhenti hampir di setiap stasiun.

Hal ini berbeda dengan beberapa kelas lainnya yang berhenti hanya di stasiun tertentu. Keunggulan lainnya dari kelas Ekonomi adalah sekarang sudah dilengkapi dengan AC dan stop kontak sehingga memungkinkan penumpang untuk mengisi ulang baterai ponsel atau gadget Anda.

 

Kelas Bisnis

Jika kelas ekonomi hadir dengan gerbong yang kursinya tersambung antara satu penumpang dengan yang lain, kereta api kelas Bisnis menggunakan kursi individu dengan susunan dua baris. Di dalam gerbong terdapat sekitar 64 kursi saja. Hal ini membuat kelas Bisnis lebih nyaman dibandingkan kereta api Ekonomi karena ruang duduk yang tersedia lebih besar.

Keunggulan lainnya dari kelas Bisnis adalah kursi penumpang arah hadapnya dapat diubah. Jadi penumpang dapat mengobrol dengan penumpang lain yang duduknya agak terpisah. Sama seperti kelas ekonomi, kelas Bisnis sudah dilengkapi dengan stop kontak dan pendingin ruangan.

 

Kelas Eksekutif

Kelas Eksekutif hampir sama dengan kelas Bisnis tetapi menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Kursi di gerbong kelas eksekutif dapat diatur sehingga posisi duduk penumpang akan lebih nyaman. Sama seperti kursi pesawat, kursi di kelas Eksekutif dapat dimundurkan dengan kemiringan hingga 50 derajat. Selain itu, jumlah kursi setiap gerbongnya juga lebih sedikit yakni 50 kursi. Dengan demikian, space yang Anda dapatkan akan lebih lapang serta kursinya lebih nyaman dan empuk daripada kelas Bisnis.

Selain mendapatkan fasilitas pendingin udara dan stop kontak, kelas eksekutif juga sudah dilengkapi dengan selimut, bantal, dan satu kursi di setiap gerbong. Namun walaupun kelas Eksekutif biasanya memiliki waktu tempuh yang cepat, tujuan stasiunnya tidak sebanyak kereta api kelas Ekonomi. Kereta tersebut biasanya hanya berhenti di stasiun utama atau induk.

 

Kelas Prioritas

Kelas Prioritas diluncurkan oleh PT KAI pada tahun 2017 silam. Ini merupakan salah satu kelas kereta api yang paling eksklusif di Indonesia. Perbedaannya juga cukup banyak daripada 3 kelas lainnya seperti fasilitas hiburan berupa TV untuk tiap-tiap penumpang dan menu makanan ala carte. Desain kereta Prioritas juga dibuat lebih mewah dan elegan dengan kapasitas 28 penumpang di dalam satu gerbong. Bahkan kursinya juga sudah dilengkapi dengan tumpuan kaki dan bisa dimiringkan ke belakang layaknya kursi pesawat.

 

Kelas Sleeper

Ini adalah kereta api dengan kelas paling mewah di Indonesia yang diluncurkan Juni 2018 kemarin. Kereta ini memiliki kapasitas 18 penumpang di setiap gerbong. Kursinya menyerupai kelas bisnis pesawat dan dilengkapi dengan sekat sehingga lebih privat. Kursi penumpang juga dapat dimiringkan hingga 170 derajat ke belakang lengkap dengan sandaran kaki.